Rabu, 15 April 2015

Pengembangan Aplikasi UPKK Provinsi Papua

Untuk mendukung kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Papua berkerja sama dengan Global Intermedia membangun sebuah Sistem Informasi berbasis website yang bernama Usulan Pendanaan Kabupaten Kota (UPKK).

Aplikasi ini dibuat untuk membantu memudahkan kegiatan Musrenbang yang dilaksanakan oleh Bappeda Provinsi Papua, di Jayapura. Konsep dari aplikasi ini adalah menampung semua usulan pendanaan dari setiap Kabupaten dan Kota yang merupakan hasil dari Musrenbang tingkat Kabupaten Kota, yang nantinya akan dibahas pada saat Musrenbang Porvinsi. Ketika pada saat musrenbang Provinsi, tim pembahas beserta operator hanya tinggal mengesahkan yang mana saja kegiatan yang disetujui atau tidak.

Aplikasi ini dapat mengeluarkan laporan yang digunakan oleh pihak Provinsi Papua untuk mengikuti Musrenbang Nasional yang dilaksanakan di Jakarta.

Aplikasi ini dapat mempersingkat waktu pelaksanaan Musrenbang Provinsi. Karena ketika pelaksanaan Muerenbang, tim pembahas dan operator aplikasi hanya tinggal menyetujui atau tidak suatu usulan yang di berikan oleh setiap Kabupaten dan Kota. Selain mempersingkat waktu, dengan adanya aplikasi ini sendiri dapat mengurangi penggunaan kertas. Sebelum menggunakan aplikasi ini setiap usulan yang dibawa oleh masing-masing kabupaten berbentuk hard copy dengan jumlah yang banyak.

Related Articles

0 comments:

Posting Komentar