Rabu, 18 Mei 2016

Pelatihan Software MKPP Kabupaten Boven Digoel


Unsur pimpinan dan staf dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Boven Digoel melakukan kunjungan ke Global Intermedia Yogyakarta dalam rangka mengikuti pelatihan Aplikasi MKPP (Matriks Konsolidasi Perencanaan dan Penganggaran). Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 16 sampai dengan 19 Mei 2016 di Kantor Global Intermedia yang beralamat di Jalan Taman Siswa No. 125 Yogyakarta.

Bappeda Boven Digoel sudah mengimplementasikan dan menggunakan aplikasi MKPP ini sejak tahun 2014 untuk melakukan pengolahan dan penyimpanan data perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten Boven Digoel. Tujuan kedatangan ke Yogyakarta kali ini adalah untuk koordinasi sekaligus memantapkan persiapan dalam perencanaan jangka menengah tahun 2016 - 2021. Peserta pelatihan aplikasi MKPP ini berjumlah 7 orang, yang masing-masing di antaranya adalah: Ir. Marthen Palulun, Felicita M.Tuwok, SP, Mersiana Manuhutu, S.Pi, Gideon Arianto, S.Si, Markus Toding, SE, Lusiarti, S.IP dan Rudi Markus Ongge.

Pelatihan dimulai dengan pemaparan dari Wahyu Wijanarko, ST, M.Ec.Dev mengenai ikhtisar dari pelatihan MKPP, dilanjutkan dengan demo implementasi aplikasi perencanaan dan aplikasi monitoring dan evaluasi di daerah lain di Indonesia oleh Ichwan Albar, S.Kom. Adapun topik utama, yaitu operasional penggunaan aplikasi MKPP Kabupaten Boven Digoel disampaikan oleh Ari Peryanto, S.Kom. dalam posisinya sebagai manajer produksi yang bertanggungjawab atas pengembangan aplikasi perangkat lunak yang ada di Global Intermedia.

Aplikasi MKPP adalah aplikasi database Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah yang dikembangkan oleh Global Intermedia, dan merupakan sebuah kesatuan perangkat lunak komputer yang terintegrasi mulai dari proses Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Strategis Satuan Kerja Perangkat Daerah (Renstra SKPD), Rencana Kerja emerintah Daerah (RKPD), Rencana Kerja SKPD, Kebijakan Umum APBD, sampai dengan Penyusunan APBD. Global Intermedia adalah perusahaan penyedia layanan Teknologi Informasi yang merupakan pengembang perangkat lunak, perangkat keras, dan jaringan komputer serta Internet yang saat ini melayani klien yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Kabupaten Boven Digoel merupakan salah satu daerah di ujung timur Indonesia yang berada di wilayah bagian selatan Provinsi Papua. Daerah ini memiliki sisi historis bagi bangsa Indonesia, karena pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, Boven Digoel menjadi tempat pengasingan tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan Indonesia. Salah satu tokoh perjuangan yang pernah diasingkan di Boven Digoel adalah Proklamator kemerdekaan Indonesia Dr. Mohammad Hatta. Daerah bersejarah ini bisa dikunjungi dengan melalui perjalanan darat selama kurang lebih 12 jam dari Merauke.

Related Articles

0 comments:

Posting Komentar