Rabu, 11 September 2013

Pelatihan Aplikasi Sistem Perencanaan Pemerintah Kabupaten Keerom

Global Intermedia mengadakan Pelatihan Aplikasi Sistem Perencanaan dengan peserta pegawai dari lingkungan Pemerintah Kabupaten Keerom. Pelatihan Sistem Informasi Perencanaan ini dilaksanakan dalam rangka upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Pelatihan dilaksanakan di Yogyakarta pada tanggal 08-10 September 2013. Pelaksanaan pelatihan dilatarbelakangi oleh proses perencanaan yang mengharuskan agar data pada dokumen pelaporan di setiap tahapan perencanaan senantiasa konsisten dari awal hingga akhir tahapan perencanaan pembangunan. Tujuan pelatihan adalah mengantarkan terjadinya perubahan (peningkatan kapasitas) bagi para peserta pelatihan, baik dalam bidang pengetahuan dan keterampilan.

Fokus peningkatan pengetahuan dalam pelatihan sistem perencanaan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk melakukan proses perencanaan pembangunan daerah yang dapat meningkatkan semangat kerja pegawai dan meminimalkan faktor kesalahan manusia, serta meningkatkan fungsi monitoring Badan Perencanaan Pembangunan Daerah terhadap SKPD lain. Di bidang peningkatan kapasitas sikap, diharapkan peserta dalam melaksanakan tugas-tugasnya di kemudian hari dapat lebih mampu bekerja dengan efektif, efisien dan benar dalam menerapkan prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik (good governance), serta bebas KKN.

Sebelum menerima materi-materi pokok pelatihan, para peserta diminta membawa contoh aplikasi kegiatan yang sudah ada. Demikian juga pada akhir pelajaran pelatihan dilakukan praktik aplikasi untuk mengukur tingkat penyerapan peserta atas materi-materi yang diberikan.

Kedatangan peserta pelatihan di Yogyakarta dipimpin oleh Sekretaris Bappeda Kabupaten Keerom, Marthen S. Dembong, S.E., M.Si. bersama dengan peserta di antaranya adalah: Bangkit Tambunan, S.E., Tandi S.P., M.M., Edison P. Moay, Slamet, S.E., M.M., M.Kes., I Wayan Sukawijaya, S.T.P., M.M., Suyitno, S.T., M.Si., Rusmini., S.H., Ismayana, dan Samhadi. Peserta yang hadir tersebut merupakan perwakilan dari bidang-bidang yang ada pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Keerom.

Related Articles

0 comments:

Posting Komentar